- STANDAR PELAYANAN
B.1. PAJAK HOTEL.
No |
Komponen
|
Uraian |
Pajak Hotel |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /dikuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila dikuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
10 % (Sepuluh Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email: Pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.2. PAJAK RESTORAN
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Restoran |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /dikuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila dikuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
10 % (Sepuluh Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.3. PAJAK HIBURAN
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Hiburan |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasa kan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasa kan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
5 % s/d 15%(Lima Belas Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD
|
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.4. PAJAK PENERANGAN JALAN
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Penerangan Jalan |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
1% s/d 10 % (Sepuluh Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD
|
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email: pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.5. PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
5 % (Lima Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.6. PAJAK PARKIR
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Parkir |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
20 % (Dua Puluh Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com
|
8. |
*)…………………. |
|
B.7. PAJAK SARANG BURUNG WALET
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Sarang Burung Walet |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
5 % (Lima Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) – Surat Pengukuhan NPWPD |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email: pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.8. BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN
No |
Komponen |
Uraian |
Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – Fotocopy SPPT PBB-P2 atau bukti pembayaran – Fotocopy sertifikat tanah atau surat penyertaan penyerahan tanah/surat kapling /girik/ lainnya – Melunasi PBB-P2 tahun berjalan dan tidak memiliki/melunasi tunggakan PBB-P2 tahun sebelumnya – Fotocopy akta jual beli/risalah lelang/akta hibah/akta pengalihan /dokumen peralihan hak lainnya – Fotocopy surat keterangan waris / hibah – Fotocopy kartu keluarga (jika waris) – Fotocopy IMB (jika ada) |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
3 hari kerja |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
5 % (Lima Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Nota verifikasi BPHTB |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.9. PAJAK REKLAME
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Reklame |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) – Fotocopy STNK kendaraan untuk reklame berjalan/kendaraan |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
– Untuk Produk dan Minuman ber alkohol sebesar 15% (Lima Belas Persen) – Untuk produk lainnya sebesar 10%(Sepuluh Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah – NPWPD Reklame |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.10. PAJAK AIR TANAH
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Air Tanah |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPTPD di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Laporan Penjualan / dokumen omzet lainnya – Fotocopy akta pendirian dan perubahannya untuk badan – Fotocopy SIUP/ SITU – Fotocopy SPPT PBB-P2 dan bukti pembayaran tahun berjalan (jika ada) – Fotocopy STNK kendaraan untuk reklame berjalan/kendaraan |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
30 menit |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
– 10%(Sepuluh Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pendaftaran dan penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah – NPWPD Pajak Air Tanah |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com |
8. |
*)…………………. |
|
B.11. PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
No |
Komponen |
Uraian |
Pajak Bumi dan Bangunan |
||
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
– Surat Permohonan tertulis dari Wajib Pajak /di kuasakan – Surat kuasa dari Wajib Pajak ( apabila di kuasakan) – Fotocopy KTP Wajib Pajak / Penerima Kuasa dan Penerima Kuasa – SPOP dan LSPOP di isi dengan Benar , jelas, lengkap dan ditandatangani – Fotocopy sertifikat tanah atau surat penyertaan penyerahan tanah/surat kapling /girik/ lainnya – Surat pernyataan tidak dalam sengketa – Fotocopy akta jual beli/ hibah /waris (jika ada) – Fotocopy SSPD BPHTB yang sudah disahkan dan divalidasi oleh petugas BPPRD (jika ada) – Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (jika ada) – Tidak memiliki/melunasi tunggakan PBB_P2 tahun sebelumnya |
3. |
Jangka Waktu Penyelesaian |
3 hari kerja |
4. |
Jenis Pelayanan |
Pendaftaran |
5. |
Tarif |
– 0,3%(Nol Koma Tiga Persen) |
6. |
Produk Pelayanan |
– Pengajuan salinan SPPT PBB |
7. |
Pengelolaan Pengaduan |
– Pengaduan langsung melalui ruang Informasi dan pengaduan – Pengaduan tidak langsung melalui Telepon : 081345907911 Email:pelayananbpprd_kabseruyan@gmail.com
|
8. |
*)…………………. |
|
*) komponen tambahan disesuaikan dengan kebutuhan unit penyelenggara pelayanan, bila dipandang perlu.
- FORMAT MAKLUMAT PELAYANAN
PEMERINTAH KABUPATEN SERUYAN
BADAN PENGELOLA PERPAJAKAN DAN RETRIBUSI DAERAH
Jalan Kuala Pembuang (74212) Kalimantan Tengah
Telepon (0538) 27007768
MAKLUMAT PELAYANAN “DENGAN INI, KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG – UNDANGAN YANG BERLAKU’’
Kuala Pembuang, 2018 Kepala Badan Pengelola Perpajakan dan Retribusi Daerah |
- KODE ETIK PELAYANAN
- MENGEDEPANKAN TRANSPARASI DAN AKUNTABILITAS DALAM MEWUJUDKAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH YANG BERSIH BERWIBAWA DAN RESPONSIF.
- MEMBUDAYAKAN PELAYANAN PRIMA DENGAN DILANDASI KESATUAN DAN KERAMAHAN UNTUK KEPUASAN MASYARAKAT.
- MENGEDEPANKAN SIKAP ADIL, DISIPLIN, TANGGAP, JUJUR, TELITI, DAN AKURAT, DALAM SETIAP PENYELENGGARA FUNGSI PELAYANAN SECARA PROFESIONAL.
- MENINGKATKAN PENGETAHUAN, WAWASAN, DAN KOPETENSI DENGAN DILANDASI DEDIKASI YANG TINGGI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK.
- MEMBANGUN SIKAP TERBUKA TERHADAP KRITIK, SARAN, KELUHAN, LAPORAN, SERTA PENDAPAT MASYARAKAT.
Download